Rabu, 21 November 2012

Soal dan Jawaban Elektronika Dasar


NAMA                        : SRI DESLI SUIRYANTI
NIM                            : 06101411022
PRODI                        : PENDIDIKAN FISIKA PALEMBANG

1.         Jelaskan apa yang dimaksud dengan komponen pasif ?
Jawab :
komponen pasif adalah elemen yang tidak dapat menghasilkan energi, dapat dikelompokkan menjadi elemen yang hanya dapat menyerap energi atau komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya tidak memerlukan sumber tegangan atau sumber arus tersendiri.
komponen pasif yang dapat menyimpan energi juga diklasifikasikan menjadi dua yaitu komponen yang menyerap energi dalam bentuk medan magnet disebut  induktor atau lilitan, belitan atau kumparan dengan simbol L, dan kompone pasif yang menyerap energi dalam bentuk medan magnet yang disebut kapasitor atau sering juga dikatakan dengan kondensator dengan simbol C.
Adapun yang termasuk komponen pasif antara lain :
·         resistor atau tahanan
·         kapasitor atau kondensator
·         dioda
·         transformator
·         relay

2.         Jelaskan  fungsi hambatan lengkap dengan contoh pemakaian dalam kehidupan sehari – hari ?
Jawab :
Fungsi hambatan dalam rangkaian listrik adalah untuk membatasi besarnya arus listrik yang mengalir pada suatu komponen. Mengapa harus dibatasi karena jika arus listrik yang mengalir pada suatu komponen melebihi kapasitasnya, maka komponen tersebut akan mengalami kerusakan. Jadi di sini hambatan dapat mengamankan berbagai komponen listrik.
Contoh dalam kehidupan sehari – hari  : kabel tiang listrik yang dibuat besar-besar, tujuannya adalah untuk memperkecil hambatan sehingga tegangan bisa mengalir dengan mudah.
Hambatan juga digunakan sebagai bagian dari jejaring elektronik dan sirkuit elektronik, dan merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan. Resistor dapat dibuat dari bermacam-macam kompon dan film, bahkan kawat resistansi.


Selengkapnya bisa didownload DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar