Rabu, 21 November 2012

Soal Uas Statistika


Dari hasil tes kemampuan fisika diperoleh nilai Standar Deviasi (SD) sangat kecil (mendekati nol). Apa yang dapat suadara katakan berkaitan dengan hasil SD itu?
Jawaban :
Standar deviasi merupakan fungsi langsung dari varian. Sama seperti varian, standar deviasi berfungsi memperlihatkan pola sebaran data, gap, dan variasi sebaran antar data.
Varian dipakai untuk melihat pola variasi yang ada di dalam sample. Semakin besar nilainya, semakin banyak variasi datanya yang mengakibatkan data menjadi tidak akurat.
Jadi standar deviasi yang nilainya sangat kecil ( mendekati nol ) memiliki sedikit variasi data sehingga pengolahan data akan lebih akurat dan kesalahan hasil tidak terlalu besar.

 Hasil tes kemampuan awal fisika 50 siswa SMA kelas X adalah sebagai berikut:
70  75  45  67  60  55  40  90  85  45  37  29   83   78   56  69  80  38  49  40 
57  67  88  56  91  90  56  45  78  53  78  35   89   80  78  75  65   79  56  50
85  38  29  20  78  49  50  75  46  89.

Dari data tersebut tentukanlah
a.      Nilai rata-ratanya, standar deviasi
b.      apa yang dapat anda katakan tentang kualitas instrument tesnya.
Jawaban :
a.
Hasil Tes
Mean
62,32
Standard Error
2,74
Median
62,5
Mode
78
Standard Deviation
19,37
Sample Variance
375,52
Kurtosis
-1,07
Skewness
-0,21
Range
71
Minimum
20
Maximum
91
Sum
3116
Count
50
Confidence Level(95,0%)
5,50

b.      Pada tes kemampuan awal fisika kelas X masih terdapat nilai dibawah standar. Rata – rata nilai hasil kemampuan 62,32, Perlu diadakan peningkatan dalam belajar sebelum melakukan tes fisika. Standar deviasi menunjukan kemungkinan sebaran data pada hasil tes kemapuan 50 siswa. Standar deviasi menunjukkan tingkatan kemampuan siswa yang mengikuti tes.

      Seorang guru fisika mengadakan eksperimen, di kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan metode A dan di kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan metode B. Akhir pembelajaran kedua kelompok diberikan tes hasil belajar fisika (Pos Tes). Hasil belajarnya sebagai berikut:

     A


50
9
30
26
80
29
41
43
29
27
32
33
32
75
46
52
67
21
20
36
33
61
42
56
29
86
40
36
65
29
20
48
74
20
29
52
73
48
17
29
48
16
29
28
61
50
48
35
45
50
33
43
70
29
20

26
43
52
19
32
61
61

9
25
29
33
35
46
26

32
67
27
78
65
46
24

B

33
10
42
27
10
38
32
80
40
48
24
10
45
26
26
14
26
22
38
24
22
43
27
26
13
9
28
13
19
35
45
73
6
25
16
13
25
39
46
58
28
21
32
50
45
19
5
35
15
14
5
8
40
17
48
65
36
24
6
39
26
39
33

28
15
26
42
40
15
19

17
14
38
19
13
25
43


Pertanyaan:
a.      Hitunglah rata-rata dan standar deviasi kedua kelompok data tersebut
b.      Ujilah kenormalan kedua kelompok data itu.
c.       Metode pembelajaran mana yang lebih baik dari hasil eksperimen tersebut (Uji-t)?

Jawaban :
a.       
A
Mean
40,87
Standard Error
2,05
Median
35,50
Mode
29,00
Standard Deviation
17,91
Sample Variance
320,76
Kurtosis
-0,36
Skewness
0,59
Range
77,00
Minimum
9,00
Maximum
86,00
Sum
3106,00
Count
76,00
Confidence Level(95,0%)
4,09



B
Mean
28,57
Standard Error
1,77
Median
26,00
Mode
26,00
Standard Deviation
15,52
Sample Variance
240,98
Kurtosis
1,02
Skewness
0,85
Range
75,00
Minimum
5,00
Maximum
80,00
Sum
2200,00
Count
77,00
Confidence Level(95,0%)
3,52

b.       
One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test


A
B
N
76
77
Normal Parametersa
Mean
40.87
28.57
Std. Deviation
17.910
15.524
Most Extreme Differences
Absolute
.143
.112
Positive
.143
.112
Negative
-.067
-.064
Kolmogorov-Smirnov Z
1.251
.984
Asymp. Sig. (2-tailed)
.088
.288
Test distribution is Normal.



Besaran  simpangan baku sangat bergantung pada skala data. Data yang dicatat dalam skala satuan cenderung memiliki simpangan baku yang lebih kecil dari pada data yang dicatat dalam skala puluhan. Skala data merupakan salah satu pertimbangan yang dilakukan dalam menafsirkan variansi dan simpangan baku. Metode pembelajaran yang baik adalah metode B terlihat dari perbandingan hasil rata – rata nilai dan standar deviasi dari kelompok data tersebut. Meskipun rata – rata pada metode B lebih kecil dari metode A namun banyak data pada metode B mempengaruhi standar deviasi yang menunjukkan kualitas metode pembelajaran yang diterapkan pada ekperimen.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar