Dari hasil tes
kemampuan fisika diperoleh nilai Standar Deviasi (SD) sangat kecil (mendekati
nol). Apa yang dapat suadara katakan berkaitan dengan hasil SD itu?
Jawaban :
Standar deviasi merupakan fungsi langsung dari
varian. Sama seperti varian, standar deviasi berfungsi memperlihatkan pola
sebaran data, gap, dan variasi sebaran antar data.
Varian dipakai untuk melihat pola variasi yang
ada di dalam sample. Semakin besar nilainya, semakin banyak variasi datanya
yang mengakibatkan data menjadi tidak akurat.
Jadi standar deviasi yang
nilainya sangat kecil ( mendekati nol ) memiliki sedikit variasi data sehingga
pengolahan data akan lebih akurat dan kesalahan hasil tidak terlalu besar.
Hasil tes
kemampuan awal fisika 50 siswa SMA kelas X adalah sebagai berikut:
70
75 45 67 60 55
40 90 85
45 37 29
83 78 56
69 80 38
49 40
57
67 88 56
91 90 56
45 78 53
78 35 89
80 78 75
65 79 56 50
85
38 29 20
78 49 50
75 46 89.
Dari data tersebut tentukanlah
a. Nilai rata-ratanya, standar deviasi
b. apa yang dapat anda katakan tentang kualitas
instrument tesnya.
Jawaban :
a.
a.
Hasil Tes
|
|
Mean
|
62,32
|
Standard Error
|
2,74
|
Median
|
62,5
|
Mode
|
78
|
Standard Deviation
|
19,37
|
Sample Variance
|
375,52
|
Kurtosis
|
-1,07
|
Skewness
|
-0,21
|
Range
|
71
|
Minimum
|
20
|
Maximum
|
91
|
Sum
|
3116
|
Count
|
50
|
Confidence Level(95,0%)
|
5,50
|
b.
Pada tes kemampuan awal fisika kelas X masih terdapat
nilai dibawah standar. Rata – rata nilai hasil kemampuan 62,32, Perlu diadakan
peningkatan dalam belajar sebelum melakukan tes fisika. Standar deviasi
menunjukan kemungkinan sebaran data pada hasil tes kemapuan 50 siswa. Standar deviasi menunjukkan tingkatan
kemampuan siswa yang mengikuti tes.
Seorang guru
fisika mengadakan eksperimen, di kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan
metode A dan di kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan metode B. Akhir
pembelajaran kedua kelompok diberikan tes hasil belajar fisika (Pos Tes). Hasil
belajarnya sebagai berikut:
A
|
|||||||
50
|
9
|
30
|
26
|
80
|
29
|
41
|
43
|
29
|
27
|
32
|
33
|
32
|
75
|
46
|
52
|
67
|
21
|
20
|
36
|
33
|
61
|
42
|
56
|
29
|
86
|
40
|
36
|
65
|
29
|
20
|
48
|
74
|
20
|
29
|
52
|
73
|
48
|
17
|
29
|
48
|
16
|
29
|
28
|
61
|
50
|
48
|
35
|
45
|
50
|
33
|
43
|
70
|
29
|
20
|
|
26
|
43
|
52
|
19
|
32
|
61
|
61
|
|
9
|
25
|
29
|
33
|
35
|
46
|
26
|
|
32
|
67
|
27
|
78
|
65
|
46
|
24
|
|
B
|
|||||||
33
|
10
|
42
|
27
|
10
|
38
|
32
|
80
|
40
|
48
|
24
|
10
|
45
|
26
|
26
|
14
|
26
|
22
|
38
|
24
|
22
|
43
|
27
|
26
|
13
|
9
|
28
|
13
|
19
|
35
|
45
|
73
|
6
|
25
|
16
|
13
|
25
|
39
|
46
|
58
|
28
|
21
|
32
|
50
|
45
|
19
|
5
|
35
|
15
|
14
|
5
|
8
|
40
|
17
|
48
|
65
|
36
|
24
|
6
|
39
|
26
|
39
|
33
|
|
28
|
15
|
26
|
42
|
40
|
15
|
19
|
|
17
|
14
|
38
|
19
|
13
|
25
|
43
|
Pertanyaan:
a.
Hitunglah
rata-rata dan standar deviasi kedua kelompok data tersebut
b.
Ujilah kenormalan
kedua kelompok data itu.
c.
Metode
pembelajaran mana yang lebih baik dari hasil eksperimen tersebut (Uji-t)?
Jawaban :
a.
A
|
|
Mean
|
40,87
|
Standard Error
|
2,05
|
Median
|
35,50
|
Mode
|
29,00
|
Standard Deviation
|
17,91
|
Sample Variance
|
320,76
|
Kurtosis
|
-0,36
|
Skewness
|
0,59
|
Range
|
77,00
|
Minimum
|
9,00
|
Maximum
|
86,00
|
Sum
|
3106,00
|
Count
|
76,00
|
Confidence Level(95,0%)
|
4,09
|
B
|
|
Mean
|
28,57
|
Standard Error
|
1,77
|
Median
|
26,00
|
Mode
|
26,00
|
Standard Deviation
|
15,52
|
Sample Variance
|
240,98
|
Kurtosis
|
1,02
|
Skewness
|
0,85
|
Range
|
75,00
|
Minimum
|
5,00
|
Maximum
|
80,00
|
Sum
|
2200,00
|
Count
|
77,00
|
Confidence Level(95,0%)
|
3,52
|
b.
One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test
|
|||
A
|
B
|
||
N
|
76
|
77
|
|
Normal
Parametersa
|
Mean
|
40.87
|
28.57
|
Std.
Deviation
|
17.910
|
15.524
|
|
Most Extreme
Differences
|
Absolute
|
.143
|
.112
|
Positive
|
.143
|
.112
|
|
Negative
|
-.067
|
-.064
|
|
Kolmogorov-Smirnov
Z
|
1.251
|
.984
|
|
Asymp.
Sig. (2-tailed)
|
.088
|
.288
|
|
Test
distribution is Normal.
|
Besaran simpangan baku sangat bergantung pada skala
data. Data yang dicatat dalam skala satuan cenderung memiliki simpangan baku
yang lebih kecil dari pada data yang dicatat dalam skala puluhan. Skala data
merupakan salah satu pertimbangan yang dilakukan dalam menafsirkan variansi dan
simpangan baku. Metode pembelajaran yang baik adalah metode B terlihat dari
perbandingan hasil rata – rata nilai dan standar deviasi dari kelompok data
tersebut. Meskipun rata – rata pada metode B lebih kecil dari metode A namun
banyak data pada metode B mempengaruhi standar deviasi yang menunjukkan
kualitas metode pembelajaran yang diterapkan pada ekperimen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar